Tidak Usah Ke Bali, Buat Dirumah! Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali

Buat para ibu-ibu atau teman-teman nih yang pecinta sambal gak lengkap rasanya kalau belom pernah coba sambal matah nih, atau udah ada yang pernah kebali? terus ketagihan dengan sambal matah nya? nah bisa ni kalian buat teman-teman yang mau coba bikin di rumah sambal matah khas bali. Jadi, kalian tidak usah repot pergi juah-jauh ke bali cuma buat merasakan sambal matah.
Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali
Kalian perlu nih sering membikin sambal matah di rumah. Karena, segala jenis masakan seafood dan menu yang diolah dengan cara dibakar paling pas disandingkan dengan sambal matah loh teman-teman. Perlu diketahui juga banyak versi sambal matah ada yang pake bawang putih, kalau resep kali ini tidak menggunakan bawang putih.

Karena diresep ini kami mengikuti sambal matah versi bebek bengil bali. kalau kalian mau pake bawang putih silakan pakai dan yang tidak suka pake daun jeruk bisa diskip aja nah fleksibel aja ya teman-teman atau kalian suka kecombrang? bisa ditambahin. Yuk kita bikin sekarang sambal matahnya.

Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali

Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali

Bahan-bahan

Untuk 2 porsi
15 bh cabe rawit merah
8 btr bawang merah
2 btg sereh ambil bagian dalamnya yg putih
1 sdm air jeruk nipis
3 sdm minyak goreng
secukupnya garam , gula

Langkah

Hanya 15 menit

  1. Cuci bersih cabe, bawang, sereh, daun jeruk purut. Iris halus semua nya taruh di dalam mangkok
  2. Tambahkan garam, gula, air jeruk nipis aduk rata sambil ditekan-tekan boleh pake tangan diremas-remas juga boleh kalo kalian tahan dengan pedes 
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Siramkan minyak panas ke dalam campuran cabe. Aduk rata. Sajikan.
Gampangkan? Tidak usah pergi ke bali buat kalian yang jauh-jauh disana ingin mencoba sambal matah khas bali, cukup liat resep ini dan bikin silakan bikin dirumah yaa teman-teman. Nah yuk kalian juga bisa bikin kreasi sambal matah mu. Selamat mencoba!