Kamu Anak Kos? Coba Tips Makan di Warteg yang Sehat dan Murah Ini!

Tips Makan di Warteg - Bagi anak kos, makan di warteg merupakan cara untuk menghemat pengeluaran. Pasalnya makan di warteg sesuai dengan kantong alias murah. Namun kerap kali makan di warteg dipandang tidak sehat.

Nah, maka dari itu kali ini saya akan kasih tips ke kamu supaya kamu bisa tetap makan di warteg namun tetap sehat dan pastinya murah. Kuy disimak tips-tips berikut ini:

tips makan di warteg

Tips Makan di Warteg yang Sehat dan Murah


1. Ikan

Kenapa harus ikan, sedangkan daging juga enak? Sebab ikan kaya lemak baik akan menjadi pilihan yang lebih sehat bagi keuangan dan tubuh kamu. Sebab, selain lemak baik, ikan juga kaya akan omega 3, vitamin D dan selenium.

Omega 3 sendiri berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menormalkan tekanan darah dan ritme jantung, menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh.
 Baca juga: Wajib Dicoba! Cara Bertahan Hidup Ala Mahasiswa Perantau

2. Jangan pilih menu yang digoreng

Perlu kamu ketahui bahwa satu sendok teh atau 5 gram minyak goreng menyumbang 50 kalori. Sekarang, coba kamu bayangkan berapa banyak minyak yang meresap ke dalam makanan yang sudah digoreng.

Sangat bija rasanya jika kamu sekadar memilih makanan yang tidak digoreng, seperti dikukus, dibakar atau ditumis; Kamu sudah memangkas jumlah kalori yang besar dan melindungi lingkar pinggang kamu.

3. Jangan pilih santan 

Apabila kamu sudah menghindari minyak, jangan kemudian kamu memilih menu yang bersantan. Sebab, sepertiga gelas santan mengandung lima gram lemak yang setara dengan 50 kalori. Padahal, pengolahan makanan bersantan sering kali masih memerlukan minyak untuk menumis bumbunya.

Cobalah pilih makanan berkuah bening, contohnya sup atau tumis sayuran, dan hindari menu-menu yang bersantan.
Baca juga: Cara Membuat Seblak Sederhana Bikin Ngiler!

4. Pilih nasi merah 

Selain nasi putih, sudah banyak warteg yang menyediakan pilihan nasi merah. Sebab nasi merah mengandung lebih banyak serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya membuat kamu kenyang lebih lama, dan mengurangi risiko penyakit jantung serta kolesterol tinggi. Selain itu, nasi merah juga tinggi zat besi yang diperlukan oleh sel tubuh untuk bekerja optimal.

5. Isi setengah piring dengan sayuran 

Perlu dipertimbangkan sebelum mengambil nasi atau lauk, isilah dulu setengah piring kamu dengan sayur-sayuran. Maka secara otomatis, kamu akan bisa mengontrol porsi lauk dan nasi.

Hal ini bukan karena alasan, sebab sayur-sayuran kaya akan serat yang bikin kamu lebih lama kenyang sehingga bisa membantu mencegah kebiasaan nyamil dan mengontrol berat badan kamu. Selain itu, sayur-sayuran juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

6. Hindari kerupuk dan gorengan 

Aneka makanan di warteg memang bikin kamu ingin makan semua. Sebisa mungkin untuk tidak memilih kerupuk dan gorengan. Sebab, kalori dari kerupuk dan gorengan dapat menyamai kalori dari nasi yang kamu makan. Dua makanan tersebut berbahan tepung yang kemudian digoreng. Padahal, tepung cenderung menyerap lebih banyak minyak daripada bahan lainnya.

7. Minum air putih 

Jika kamu telah mengikuti enam tips di atas, jangan lagi kamu merusaknya dengan minum-minuman manis, seperti es teh manis, kopi manis, jus buah dan lain-lain. Sebab , satus endok makan gula pasir saja mengandung 9 gram karbohidrat dan 37 kalori.

Maka air putih pilihan yang tepat untuk menjaga kesehetan kamu.

Itulah beberapa tips makan di warteg yang sehat dan murah. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu ya.