Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Dalam memelihara ikan dalam akuarium memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sebuah penelitian menunjukkan jika memelihara ikan hias dapat mengurangi stres. Ada sedikit perbedaan ketika merawat ikan hias pada kolam dan di akuarium. Dan jenis ikan hiasnya juga berbeda. Ikan koi sangat cocok dipelihara di kolam sebab mempunyai kecantikan yang sempurna kalau dipandang dari atas. Sedangkan ikan tetra, ikan guppy, ikan discus adalah jenis ikan yang cocok dipelihara di akuarium sebab akan tampak sangat cantik kalau dipandang dari samping.

Nah, kalau kalian baru pertama kali terjun pada kegiatan pemeliharan ikan tentu mempunyai banyak pertanyaan tentang bagaimana cara merawat makhluk kecil yang cantik ini, karena penjaga toko ikan hias pun belum tentu tahu dan mampu menjelaskan cara-caranya kepada pelanggannya. Maka dari itu Ayo kalian simak tips memelihara ikan hias di akuarium berikut ini.

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

1. Jenis ikan

Yang pertama kalian harus memilih ikan yang mudah dipelihara, biasanya jenis ikan hias air tawar lebih gampang perawatannya jika dibandingkan dengan jenis ikan hias air laut. Seperti ikan cupang, ikan arwana, ikan guppy, ikan louhan, ikan mas koki dan lain sebagainya.

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Kemudian kalian juga harus memilih ikan hias yang dalam kondisi sehat, gak terdapat cacat dibagian ekor, sirip, ataupun badan ikan hiasnya. Lalu kalian pilih ikan yang bisa berbaur dengan ikan hias lainnya. Karena kalau ada ikan yang sakit akibat jamur maupun cacing segeralah pindahkan dari akuarium.

2. Ukuran akuarium

Selanjutnya hal penting yang juga harus diperhatikan yakni ukuran akuarium. Kalian harus bisa mencari ukuran akuarium yang mengikuti ukuran ikan hias yang akan dipelihara. Jangan sampai terlalu sesak sehingga ikan mudah mati. Lalu letak akuarium pun juga penting. Akuarium gak boleh terkena matahari secara langsung dan gak diletakkan di sekitar sumber panas atau dingin. Dan akuarium juga gak boleh diletakkan di dapur sebab percikan minyak dan asap pada memasak dapat membahayakan ikan hias.

3. Pemilihan jenis dan kualitas air

Dalam pemilihan kualitas merupakan komponen penting dalam pemeliharan ikan hias. Kondisi air yang baik membuat ikan hias akan tetap sehat, sebaliknya kalau kondisi air buruk maka kesehatan ikan pun juga akan ikut terganggu.

Kalau kalian memakai air PDAM/PAM sebaiknya menambahkan anti karporit sebelumnya. Dan kalau memakai air sungai atau sumur, air sebaiknya diendapkan terlebih dahulu. Kemudian gantilah air akuarium 2-3 minggu sekali untuk menjaga kondisi air tetap bagus.

4. Pakan ikan hias

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Hal yang harus kalian perhatikan juga adalah asupan makanan untuk ikan hias gak kalah pentingnya dengan kualitas air. Sudah banyak pakan olahan yang bisa kalian temukan di toko khusus penyedia pakan ikan, Kalian juga dapat memberikan pakan alami seperti kutu air, cacing sutra, jentik nyamuk dan jenis lainnya.

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Sebaiknya pakan ikan harus mengandung protein yang tinggi, baik pakan ikan alami ataupun pakan olahan seperti palet. Kemudian perhatikan porsi pakan yang diberikan, berikan 2 kali sehari dengan porsi yang sesuai atau bisa lebih dari 2 kali dengan porsi yang sedikit. Jangan memberikan porsi berlebihan sebab sisa pakan akan menyebabkan air keruh pada akuarium dan pastinya akan berdampak pada kesehatan ikan hias yang kalian pelihara.

5. Perawatan akuarium

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Dengan menjaga supaya air tetap bersih dan sehat maka perlu dilakukan penggantian air minimal sekali seminggu. Sisakan sekitar 25% air dalam akuarium sebelum menambahkan air yang baru.

Kalau kalian memakai air PDAM maka harus diendapkan terlebih dahulu paling tidak selama 12 jam, hal ini bertujuan supaya kadar kaporit dalam air hilang. Kemudian bersihkan juga kapas filter akuarium.

6. Pelengkap akuarium

Tips Memelihara Ikan Hias di Akuarium

Supaya ikan hias tetap nyaman dalam akuarium harus diberikan sejumlah peralatan tambahan. Antara lain seperti pompa udara atau aerator. Fungsi aerator ini sebagai penyuplai udara ke dalam air akuarium, kemudian mendorong atau menguapkan sisa hasil pembakaran ke luar akuarium.

Kemudian peralatan tambahan lainnya yakni lampu akuarium supaya tampilannya jadi lebih menawan. Bisa juga dengan menambahkan hiasan lain seperti tumbuhan air, tanaman aquascape, batu karang, pasir, bebatuan dan lain sebagainya.

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.