Tips Mendidik Anak: Perkuat Koneksi Anak Dengan Alquran

Selalu mengingat Allah adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap muslim. Salah satu cara untuk kita dekat dengan Allah ialah dengan menjalin hubungan yang erat dengan kitab suci-Nya yakni Alquran.

tips mendidik anak perkuat koneksi anak dengan alquran

Sebagai seorang muslim, setiap harinya kita tidak boleh lepas dari Alquran, sesibuk apapun kamu sempatkanlah walau hanya sebentar untuk membaca dan memahami maknanya. Agar kita lebih dekat dengan Allah dan tau mana perintahNya dan mana laranganNya.

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ ۚ قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ

Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan.

Setiap orang tua berkewajiban untuk mendidik anak-anaknya, namun memang ini mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Maka dari itu, mulailah dari sekarang dengan hal-hal kecil dengan memastikan untuk komitmen dan disiplin. Yuk simak penjelasan selengkapnya:

Tips Mendidik Anak: Perkuat Koneksi Anak Dengan Alquran


1. Tunjukkan dengan contoh

Perlu disadari untuk setiap orang tua bahwa anak-anak belajar dengan meniru perilaku yang mereka lihat. Apabila kamu membaca Alquran secara teratur di depan anak-anak kamu, maka kemungkinan secara otomatis mereka akan melakukan hal yang sama. Jadi, mulailah dari kamu sendiri sebagai orang tua:)
Baca juga: Kenapa Waktu Maghrib Tidak Boleh Tidur?

2. Dimulai dari mendengarkan

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa bayi dipengaruhi oleh suara di lingkungan mereka. Jadi, apabila seorang bayi mendengar ayat-ayat Alquran secara teratur, mereka akan terbiasa dengan suaranya secara alami mereka akan senang mendengarkannya lebih banyak. Memang diperlukan kondisi lingkungan yang mendukung.

3. Adakan kompetisi menarik untuk anak-anak

Adalah ide yang baik untuk mendorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam kontes dan kegiatan yang berfokus pada membaca Alquran dengan beberapa pemahaman dasar tentang tema dan nilai-nilai utamanya. Orang tua juga bisa menjanjikan hadiah menarik apabila mereka melakukan yang terbaik.

4. Biarkan mereka mempunyai mushaf sendiri

Salah satu ide yang baik yang bisa dilakukan orang tua adalah memberi setiap anak sebuah mushaf - salinan Alquran dalam bentuk yang menarik. Hal tersebut bisa memberikan mereka rasa kepemilikan dan lebih privasi. Ini bisa meningkatkan keinginan anak-anak untuk tetap berhubungan dengan buku ketika mereka tumbuh dewasa.

5. Asuh anak dengan memakai sebuah ayat Alquran

Umumnya para orang tua sering meminta anak-anaknya untuk menyimpan mainan mereka, membereskan tempat tidur mereka sendiri atau membersihkan kamar mereka. Selain itu, orangtua juga menegur mereka ketika berkelahi.

Alangkah baiknya orangtua juga mengajarkan nilai-nilai kejujuran, rasa hormat, kerendahan hati, dan cinta. Jangan lupa kutip ayat Alquran yang menerangkan bahwa pentingnya memberi maaf sesama umat manusia serta ayat lain yang mendukung untuk diteruskan kepada anak-anak kita.

Jadi orang tua juga perlu belajar ya,,

6. Story telling

Perlu diketahui Alquran penuh dengan cerita yang menarik bagi indera dan imajinasi anak-anak. Beberapa hewan terlibat dalam kisah-kisah yang ada di Alquran. Apalagijika anak-anak mencintai binatang maka orangtua dapat memakai kisah-kisah ini untuk membantu mereka merasa terikat dengan Alquran dan belajar darinya.

Demikian tips mendidik anak untuk perkuat koneksi anak dengan Alquran. Semoga artikel ini bermanfaat ya.