Cara Agar Sepatu Tidak Bau Dengan Bahan Alami

Sepatu merupakan alas kaki yang berguna melindungi kaki dari benda berbahaya. Namun di era sekarang sepatu tidak hanya berguna sebagai pelindung, tapi juga sebagai penunjang penampilan.

Bahkan sepatu sering sekali digunakan untuk menghadiri acara formal, misalnya saja ke kantor, acara pernikahan, ke sekolah dll.

Namun terkadang sepatu menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga membuat penggunanya tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu orang lain. Maka dari itu Bloggedewek akan memberikan tips cara agar sepatu tidak bau dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

cara agar sepatu tidak bau

1. Kopi

Bau pada sepatu biasanya disebabkan oleh bakteri. Ini sering terjadi saat mengenakan sepatu yang basah baik terkena hujan, kaki yang berkeringat atau sebab lainnya.

Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda bisa menggunakan kopi hitam. Hal ini dikarenakan kopi mengandung tannin yang bisa menghilangkan bau pada sepatu dengan membasmi bakteri penyebab bau.

Caranya dengan membungkus bubuk kopi menggunakan tisu atau kaos kaki yang sudah tak terpakai. Kemudian masukkan ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Selanjutnya silahkan lihat hasilnya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu dengan deterjen. Setelah sepatu kering, silahkan terapkan cara di atas.

2. Teh

Sama halnya seperti kopi, teh juga mengandung tanin yang terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu. Tanin merupakan senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan.

Cara agar sepatu tidak bau dengan teh sangatlah mudah. Silahkan masukkan kantong teh dalam sepatu dan diamkan hingga sepatu tidak mengeluarkan bau lagi.

Selain itu Anda juga bisa memasukkan kantong teh ke dalam air yang mendidih selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu angkat kantong teh dan dinginkan. Kemudian masukkan kantong teh yang sudah dingin ke dalam sepatu. Diamkan hingga sepatu tidak bau lagi.

Anda juga bisa menggunakan teh untuk menjaga kebersihan kaki Anda. Sebab bau pada sepatu bisa disebabkan oleh kaki Anda sendiri. Nah, caranya dengan menggunakan 2 kantong teh yang memiliki aroma tajam semisal melati. Kemudian rebus ke dalam 1 liter air mendidih selama kisaran 15 menit.

Selanjutnya tuangkan ke dalam bak atau wadah yang besar dan ditambah dengan 2 liter air. Lalu rendam kaki Anda selama 30 menit. Anda tidak perlu melakukannya setiap hari, cukup lakukan seminggu sekali saja.

3. Bedak Bayi

Mungkin Anda tidak mengira kalau bedak bayi bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Sebenarnya bedak bayi tidak di taburkan pada sepatunya melainkan pada kaki Anda sebelum mengenakan sepatu. Sebab kaki biasanya sering berkeringat dan menimbulkan bau.

4. Baking Soda

Bahan ini memang digunakan sebagai bahan campuran ketika membuat kue. Namun bahan ini juga bisa jadi penghilang bau sepatu secara alami. Sebab baking soda mampu menyerap aroma yang tidak sedap.

Caranya dengan menaburkan sepatu ke dalam sepatu. Selanjutnya biarkan semalaman hingga esok harinya bersihkan sepatu dari baking soda menggunakan sikat.

5. Koran Bekas

Umumnya koran bekas sering dibuang atau dijual lagi. Tapi Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya dengan membungkus sepatu yang sudah kering dengan koran bekas. Pastikan untuk membungkus seluruh permukaan sepatu secara rapat. Diamkan sehari atau lebih sampai bau pada sepatu terserap oleh koran bekas tersebut.

6. Minyak Atsiri

Minyak ini mudah didapatkan di pasar. Caranya mudah hanya dengan meneteskan minyak Atsari ke dalam sepatu lalu masukkan kertas secukupnya supaya aroma minyak Atsiri tidak keluar. Setelah semalaman keluarkan kertas tadi maka sepatu tidak mengeluarkan bau lagi.

7. Spiritus

Spiritus merupakan bahan kimia yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bahan kimia ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya cukup mudah, campurkan spiritus dengan air lalu semprotkan ke dalam sepatu. Ini bertujuan agar bakteri di dalam sepatu mati.